/ wa - 0857-1010-6969 Showroom: Pilang RT 14 / RW 3 Masaran, Sragen – Jawa Tengah

produsen kain batik cap pekalongan di jamin anti luntur

Jokomarjuki.com – kami merupakan produsen kain batik cap pekalongan di jamin anti luntur yang melayani pembuatan kain batik anti luntur terlengkap. Kami siap melayani pesanan kain batik baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar.

Ya, Saya Mau Order

atau Telp / SMS  0877 3500 2700

Mau Lihat Foto HASIL PRODUKSI >>> KLIK DISINI

MAU LIHAT PROSES PRODUKSI >>> KLIK DISINI

pabrik batik bandung

Alamat pabrik batik

Ya, Saya Mau Order

atau Telp / SMS  0877 3500 2700

produsen kain batik cap pekalongan di jamin anti luntur

Batik cap adalah kain yang di hias dengan teksture dan juga motif batik yang di bentuk dengan menggunakan canting cap. Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu yang yang cukup singkat yang hanya hitungan hari saja. Batik cap dalam proses pembuatanya lebih mudah dan juga cepat di bandingkan dengan pembuatan batik tulis. Akan tetapi batik cap ini memiliki beberapa kekurangan yaitu motif batik yang bisa di buat terbatas dan tidak dapat membuat motif motif yang besar serta tidak terdapat seni coretan dan juga kehalusan motif yang di anggap untuk menentukan proses pembuatan motif batik cap.

Pada umumnya proses pembuatan batik cap yang di lakukan oleh produsen kain batik cap pekalongan melalui beberapa tahapan proses. Proses yang pertama yaitu tahapan persiapan. Proses persiapan ini meliputi pada pemotongan kain mori sesuai dengan ukuran, pencucian dan juga tahapan pengeringan.  Jika di inginkan dasar yang bewarna dan tidak ada warna putih, kain mori dapat di warnai dnegan berbagai warna seperti kuning muda, coklat muda dan juga warna warna lainnya.

Proses kedua yang di lakukan oleh para produsen kain batik cap adalah pembatikan. Pembatikan merupakan proses pelekatan lilin batik menggunakan canting cap dan juga canting stempel. Sesuai dengan motif motif batik yang di inginkan. Kain moori yang telah di batik tersebutlah yang di namakan dengan batikan.

Proses pembuatan batik selanjutnya yang di lakukan oleh para produsen kain batik cap adalah tahapan pewarnaan. Pewarnaan merupakan proses pemberian warna pada bagian bagian yang tidak tertutupi oleh lilin batik. ada beberapa cara pewarnaan dalam proses batik, seperti pewarnaan celupan dan kuasan. Pewarnaan celupan dapat di lakukan dengan bak celup dan juga alat alat lainnya. jenis zat pewarna yang di gunakan untuk pewarnaan batik antara lain adalah zat warna reaktif dan zat warna napthol. Setelah tahapan pewarnaan di laklukan maka tahapan sleanjutnya adalah pelepasan lilin atau dalam bahasa jawa biasa di sebut dengan tahapan pelorodan. Setelah semua tahapan selesai maka selanjutnya adalah masuk dalam proses finishing yang merupakan akhir dari segala proses membatik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Klik Disini